Powered By Blogger

Senin, 11 Maret 2013

Ingin Menjadi Orang Yang Jujur


Ingin Menjadi Orang Yang Jujur
Setiap perjalanan yang kulewati selalu terhambat oleh sebuah permasalahan. Mungkin aku ini tidak bersikap jujur terhadap orang tua sungguh kasihan nasibku selama ini tidak dipercaya oleh semua orang. Pada dasarnya manusia memiliki macam-macam variasi kehidupan. Ada juga rasa senang dan bahagia tetapi kejujuran dalam hidup membuktikan bahwa manusia juga mengalami perasaan bersalah serta pasrah dalam ejekan orang lain sebagaianya, ini menunjukkan bahwa aku mengalami perubahan kehidupan.
Berbagai langkah cara dilakukan agar aku dapat bersikap jujur terhadap semua orang agar aku memperoleh kebahagiaan dan terhindar dari hal-hal yang menyedihkan.Mampu tidaknya aku dalam mencapai kejujuran tergantung dari kemauannya, sadar diri, tingkah laku serta pengaruh seseorang. Perjalanan hidup merupakan tantangan bagi aku untuk membenahi diri keluar dari kebohongan dan kejujuran merupakan sangat penting berbicara sebenarnya secara nyata.

Kebohongan juga merupakan faktor yang sangat rentan dalam kehidupan masyarakat. Pasti semua orang sangat membenci pada seseorang yang tidak jujur dikarenakan suka membohongi dirinya sendiri. Kebohongan merupakan faktor yang berbahaya dalam kejiwaan dan berada pada pengaruh jiwa namun wujudnya tidak dapat terlihat pada tingkah laku dan sikap hidup berbicara terhadap seseorang.

Beberapa masyarakat telah banyak menolak tentang sifat kebohongan aku selama ini. Banyak teman-teman bermain yang menawarkan agar bersikap jujur. Pada intinya sifat kejujuran muncul dalam diri kita sendiri. Setelah jiwa dan pikiran kita sudah dibukakan oleh jalan kebenaran.

Sementara itu ibu aku berkata bahwa kejujuran seseorang itu terdiri dari sifat kelakuan. Aku dalam kehidupan sehari-hari merupakan sikap yang berhubungan dengan prinsip berbicara atau berkata dengan jujur untuk dapat mempengaruhi perilaku kejujuran,moral dan akhlak yang mulia.

Dalam kehidupan bermasyarakat juga kejujuran mencerminkan dari perilaku seseorang itu sendiri. Sebenarnya hati nurani aku berkata bahwa kejujuran menghantarkan semua orang ke dalam kebaikan.Bedanya dalam kehidupan tingkah laku yang digunakan selalu diikuti oleh kejujuran orang. Karena itu kejujuran aku selain mendiskripsikan tentang sifat seseorang juga menilai baik dan jeleknya.

Di saat ini kejujuran itu dapat diibaratkan sikap perilaku manusia dalam berbicara kebaikan di lingkuangan. Kejujuran merupakan hal penting untuk terbiasa berbicara dengan jujur terhadap orang tua dan semua orang. Perilaku jujur seseorang dibentuk oleh cara berbicara dan caranya berbuat untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan atau keinginan untuk suatu hal yang dicapainya.

Sifat jujur manusia terbentuk dari tingkah laku manusia. Yaitu tutup mulut yang sering dipakai oleh orang-orang mempunyai salah dalam kehidupan, yang maksudnya untuk menggambarkan perilaku, pribadi seseorang. Hal ini dilakukan oleh karena terdapat ciri-ciri yang tertentu, yang hanya dimiliki oleh aku seseorang baik dalam arti kepribadian yang baik, ataupun yang kurang baik. Secara nyata dapat dikatakan bahwa kejujuran tampak pada tingkah laku yang kita terapkan dalam bentuk sifat atau tuur kata berbicara.

Dalam pemikiran aku bahwa kejujuran selama ini kesan yang diberikan seseorang kepada orang lain yang diperoleh dari apa yang kita sampaikan, dirasakan, diperbuat dalam perilaku atau pun pada masyarakat lingkungan sekitar untuk mempengaruhi semua tutur bicaranya. Kejujuran merupakan struktur dan proses berbicara dengan benar, dalam menyusun pengalaman-pengalaman setiap manusia serta membentuk berbagai tindakan dan respons kepada diriku untuk lingkungan sekitar. Dalam masa perubahan, kejujuran bersifat perlahan-lahan, berubah dikarenakan pengaruh lingkungan, pengalaman hidup, ataupun pendidikan.Pribadi aku terjadi secara langsung, tetapi terbentuk melalui proses kehidupan yang bertahap.Dengan demikian, apakah sikap aku ini baik atau buruk, kuat atau lemah, sopan dan santun sepenuhnya ditentukan oleh faktor-faktor yang mempengaruhi dalam perjalanan kehidupan diri aku senidri.
Guru sekolah aku dulu menyampaikan tentang arti sebuah kejujuran untuk tertanam di dalam kebenaran. Oleh karena iu jiwa atau hati harus senantiasa dilindungi dengan kebaikan. Dalam isi hai aku selama ini adalah sumber kebaikan dan kematian tersendiri adalah perilaku kejelekan. Akar semua kebaikan dalam kejujuran seorang manusia adalah kesempurnaan hidup dalam berbicara jujur. Hati yang bersih membuat kita bisa membedakan antara kebaikan dan kejelekan.

        Sikap seperti aku berarti menuntut agar jiwanya selalu hidup dengan kejujuran yang benar.Inilah yang membedakan antara perilaku seseorang dalam berbuat kebajikan Sifat manusia merupakan ciri khas, perilaku maupun perbuatan selama ini. Sikap aku sering disebut jujur dalam kebaikan yaitu sifat manusia yang berani berkata jujur dihadapan orang tua atau semua orang. Hal ini merupakan perpaduan tutur kata antara lisan dan hati yang bersih.

Perilaku bagi seorang manusia ialah yang senantiasa bersikap jujur untuk dipercaya oleh semua orang tidak mengulangi lagi sifat berbohong kepada orang tua dengan membiasakan sikap jujur terasa hati kita dapat bersih dari segala dosa yang pernah aku goreskan dalam luka setiap manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar